Rabu, 23 Februari 2011

Dampak Internet terhadap pendidikan

Perkembangan teknologi telah mempermudah kita dalam melakukan berbagai hal. Banyak hal-hal yang dahulunya sulit untuk dilakukan, tetapi sesuai dengan perkembangan teknologi menjadi sangat mudah.
Salah satu contohnya adalah internet, dahulu kata internet begitu asing bagi kita. Tapi, seiring dengan perkembangannya, internet dapat menarik perhatian bahkan menjadi kebutuhan bagi kita semua. Banyak kemudahan-kemudahan yang diperoleh dengan adanya internet.
Internet adalah kependekan dari Interconnected Network. Internet menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain, sehingga masing - masing dapat berkomunikasi. Maka dapat dikatakan internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi.
Pada awalnya internet adalah sebuah jaringan, yang disebut ARPANet. ARPA (Advanced Research Project Agency), bagian kementerian Pertahanan Amerika Serikat memulai sebuah proyek, yang bertujuan menciptakan jalur komunikasi yang tidak dapat dihancurkan dan disisi lain memudahkan kerjasama antar badan riset diseluruh negeri. Berarti dahulu internet hanya digunakan untuk kepentingan militer saja. Namun pada perkembangan selanjutnya internet menjadi media komunikasi dan informasi modern. Berbagai pihak meramaikan lalu lintas jaringan tersebut untuk berbagai kebutuhan.
Salah satu kebutuhan terhadap internet adalah kebutuhan pada dunia pendidikan. Dengan adanya internet, informasi yang tadinya susah untuk diakses menjadi lebih mudah dan tidak menjadi masalah lagi. Tukar menukar informasi, atau tanya jawab dengan para ahli atau pakar tidak menjadi masalah yang berarti, karena bisa dilakukan dengan adanya internet. Akses tentang perpustakaan juga bisa dilakukan melalui internet. Internet pada dunia pendidikan memberikan banyak manfaat.
Satu hal yang menjadi kendala adalah, sosialisasi yang kurang (di daerah) menyebabkan penggunaan internet di dunia pendidikan menjadi kendala sendiri pada daerah-daerah tertentu. Kemudahan teknologi yang sudah ada dibiarkan begitu saja, karena kurangnya tenaga ahli atau pendidik yang kurang memahami atau mengerti dan mengajarkan pada peserta dididiknya. Hal tersebut yang menurut saya menjadi salah satu kendala pada daerah tertentu tentang penggunaan internet pada dunia pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger